by

Persit KCK Gabungan Kodiklatad Hadiri Acara Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H

-Ragam, Religius-51 views

Bandung, lampumerah.co.id

Wadan Kodiklatad Mayjen TNI Eka Wiharsa pimpin acara peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah di Masjid Junudurrahaman Makodiklatad Jln Aceh no 5, Bandung, Rabu (4/9/2019).

Sebagai tema pada peringatan Tahun Baru Islam 1441 H / 2019 M adalah yaitu “Jadikan hikmah Tahun Baru Islam 1441 H / 2019 M sebagai Momentum peningkatan iman dan profesionalisme Prajurit guna mendukung tugas pokok TNI”.

Dalam sambutan Dankodiklatad yang dibacakan Wadankodiklatad menyebutkan bahwa peringatan Tahun Baru Islam yang diselenggarakan, bukanlah sekedar untuk memenuhi tradisi semata akan tetapi untuk menggali hikmah yang terkandung didalamnya, untuk selalu ingat kepada sang pencipta.

Wadankodiklatad menyampaikan agar Tahun Baru Hijriyah ini, dijadikan langkah awal untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, dengan memperbanyak dan meningkatkan mutu ibadah dan amal kebajikan, membentengi diri, menjaga moril dan moralitas pribadi. Salah satunya adalah melakukan introspeksi dan evaluasi untuk melakukan perubahan.

KH. Asep Totoh Gojali, dalam ceramahnya menyampaikan bahwa peringatan 1 Muharram menjadi pendorong bagi kaum muslimin untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Dalam konteks kehidupan sekarang, hijrah tak lagi harus dengan perpindahan tempat secara fisik. Hijrah dapat dilakukan dengan perpindahan perilaku ke arah yang lebih baik dan diridhoi Allah SWT.

Menurutnya, yang harus dilakukan ketika seseorang sudah bertekad untuk berhijrah adalah yang pertama Hijrah I’tiqadiyah (keyakinan) artinya yakin akan ketauhidan Allah SWT dan menjauhi kemusyrikan. Yang kedua Hijrah Fikriyah (pemikiran) dengan menghindari pikiran negatif dan maksiat, dan menuju keadaan yang lebih baik, positif, untuk menegakkan ajaran islam. Yang ketiga Hijrah Syu’uriyyah (kesenangan/penampilan) yaitu dengan mengubah cara berpakaian sesuai dengan syariat islam. Dan yang terakhir Hijrah Sulukiyya (perilaku) dengan mengkoreksi akhlaq dan kepribadian untuk kemudian menghijrahkan akhlaq yang mulia.

Turut hadir pada acara tersebut Wadan Pussenif, perwakilan dari tiap-tiap Pusat Kesenjataan, para Direktur, para Komandan Pusdik jajaran Kodiklat Angkatan Darat, Ibu-ibu Persit KCK Gabungan Kodiklatad dan Prajurit serta PNS Kodiklatad. (Penerangan Kodiklatad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lampu Merah Feed